Home » » Contoh Penulisan Ilmiah Beserta Sistematikanya

Contoh Penulisan Ilmiah Beserta Sistematikanya

Dalam atikel ini, penulis akan menjelaskan contoh penulisan ilmiah yang baik dan benar sesuai dengan sistematika yang jelas dan kronologis. Saat ini banyak sekali manfaat yang dapat kita daptkan dengan mengetahui contoh penulisan karya ilmiah yang banyak saat ini beredar. Manfaat ini dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat karya ilmiah yang saat ini banyak di perlukan untuk anak sekolah dalam memenuhi tugas akhirnya, atau pun mahasiswa untuk dijadikan sebagai tolak ukur dalam kelulusan.

Penelitian ilmiah yang dilakukan dengan cara membuat karya ilmiah merupakan cabang kegiatan dilakukan dengan cara mengambil objek yang kemudian akan di amati kebenarannya sesuai dengan bidang studi yang kita tempuh dan yang dikuasai oleh masing – masing orang. Pada awal kegiatan dalam penulisan karya ilmiah ini, kita harus mempunyai masalah dari topik yang kita ambil dan menemukan solusinya.

Dalam hal ini, masalah dapat di ambil atau di bahas dapat berupa hal – hal yang menarik atau hal yang dikuasai oleh kita sebelumnya. Dengan kita tahu bagaimana contoh penulisan ilmiah ini, kita juga bisa tahu dan belajar mengenai sudut pandang yang and punya yang kemudian menuliskannya di kaya ilmiah tersebut. sudut pandang yang kita teliti tentunya bisa di ambil dari fakta atau bukti yang kita punya sebelumnya dalam langkah pengamatan tadi.

Solusi yang dapat kita ambil dalam contoh penulisan ilmiah ini harus melalui proses secara ilmiah, sistematis dan logis. Fakta yang kita peroleh juga harus merupakan fakta empiris supaya tidak terkesan asal. Dan juga pengamatan yang dilakukan harus dilakukan secara hati – hati dan juga bersifat objektif.
Pengamatan atau penyelidikan dalam penulisan karya ilmiah secara objektif ini berguna dalam penyusunan penulisan karya ilmiah yang kita teliti. Sehingga semakin banyak fakta – fakta yang kita dapat dalam pengamatan yang dilakuakn tadi, bisa dengan mudah juga kita menulis penulisan ilmiah tersebut.
Suatu penelitian dikerjakan melalui beberapa tahap, yaitu sebagai berikut :

Tahap Perencanaan

Tahap perencanaan ini di lakukan dengan cara merumuskan suatu permasalahan yang kita pilih dalam penelitian tersebut, memepelajari pendahuluan yang kita lakukan dalam penulisan karya ilmiah tersebut, dan juga menyusun perancangan penelitian yang akan di lakukan. Seperti yang sudah di jelaskan di atas, tahap ini dilakuakn dengan menentukan inti masalah yang akan kita teliti dan dijadikan penulisan ilmiah kita. dalam contoh penulisan ilmiah ini, kita juga harus membuat latar belakang masalah, penelitian dari maslah tersebut yang kemudoian diikuti dengan menelaah kepustakaan dalam melengkapi contoh penulisan ilmiah kita kali ini.

Tahap Pelaksanaan

Dalam tahap pelaksanaan kegiatan dalam contoh penulisan ilmiah kita kali ini dilakukan dengan cara mengumpulkan data, pengelompokkan pembahasan kita, dan juga analisi dan obesrvasi objek yang kita teliti. Dengan kata lain, dalam tahapan ini dapat kita lakukan dengan cara mengumpulkan data – data yang di perlukan dalam penelitian, kemudian dilanjutkan dengan  mengolah data yang ada untuk melengkapai contoh peulisan ilmiah kita kali ini, lalu menganalisis data, kemudian selanjutnya dilakuakn penafsiran dari data yang telah kita dapatkan dalam tahapan – tahapan di atas.

Tahap Pelaporan

Dalam tahapan pelaporan ini, dilakukan dengan cara dimulainya kegiatan dalam penulisan untuk contoh penulisan ilmiah kita, dan mengadakan penelitian agar penulisan kita ini dapat dinyatakn lulus dalam ujian penulisan karya ilmiah ini. Manfaat dari tahapan ini juga dapat kita tentukan bahwa penelitian yang kita buat ini dapat bermanfaat dan diketahui oleh orang banyak bagi kelangsungan dari penelitian tersebut.
Dalam tahapan dari contoh penulisan ilmiah ini dapat disampaikan dalam bentuk essay atau pengalaman yang dialamai oleh penulis, sehingga tahap laporan ini dapat dengan mudah dipahami oleh orang yang membacanya.

Tahap Presentasi

Dalam tahap ini, kita diwajibkan untuk mempertanggungjawaban atas penelitian yang kita lakukan dengan cara mempresentasikan kepada penguji dan kepada hal layak yang berkaitan engan penelitian yang kita buat tersebut. tahapan ini berguna bagi kita untuk mengevaluasi penelitian yang kita kerjakan dalam contoh penulisan ilmiah ini dan juga menerangkan apa yang telah kita teliti. Semaki jelas kita menerangkan bahasan kita tentang penulisan karya ilmiah ini, maka semakin baik juga kita dalam pembuatan karya ilmiah tersebut.
Penelitian yang kita buat juga dapat di publikasikan kepda hal layak umum untuk membantu pengembangan ilmu pengetahuan. Dan juga penelitian yang kita buat juga bisa membantu orang – orang yang membutuhkan contoh penulisan ilmiah yang kita buat dengan baik.

1. Latar Belakang Masalah

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, dalam melakukan penelitian kita harus menuliskan latar belakang masalah yang akan kita teliti. Contoh yang dapat kita ambil sebagai latar belakang masalh ini dapat di ambil dari contoh kasus – kasus yang terjadi sehingga kita bisa melakukan penelitian tersebut. latar belakang ini merupakan hal utama dalam contoh penulisan ilmiah yang kita buat. Namuan, perlu kita ketahui, tidak semua masalah dapt kita jadikan sebagai latar belakang masalah dalam contoh prnulisan ilmiah ini.

2. Tujuan

Tujuan dalam penulisan karya ilmiah ini tentunya ada hal yang ingin kita capai, misalnya sebagai bahan dalam menentukan kelulusan kita di bidang studi. Sama halnya dengan tujuan kita dalam membuat contoh penulisan ilmiah ini, tujuan dalam karya ilmiah harus jelas agar penelitian yang kita lakukan tepat pada sasarannya. Tujuan dalam kaya ilmiah ini dapat dituliskan denagn bentuk poin – poin atau tulisan essay biasa.
Dalam penulisan karya ilmiah, tujuan menjelaskan maksud kita dalam mengangkat maslaha yang kita teliti dan jugatujuan ini dapat berisi tentang apa yang kita ingin samp;aikan dalam hal tanggapan kita tentang masalah yang kita angkat dengan tujuan yang kita inginkan dalam penulisan karya ilmiah tersebut.

3. Manfaat

Dengan penelitian yang kita buat dalam karya ilmiah ini, tentunya harus mempunyai manfaat bagi orang banyak maupun diri sendiri. manfaat dalam contoh penulisan ilmiah ini dapat bersifat keilmuan atau juga kepraktisan dalam pembahasan suatu masalah. Dalam penulisan karya ilmiah, manfaat biasanya dapat dituliskan sebagai hal yang bisa menarik perhatian pembaca.

4. Tinjauan Pustaka

Dalam tinjauan pustaka ini, dilakukan jika masalah yang kita teliti sudah pernah di lakuakn oleh orang lain. Jika demiakian, kita perlu membahas penelitian yang kita lakukan dan mengemukakan prbedaan dari penelitian yang sudah sebelumnya dilakukan. Dengan pembahasan perbedaan yang harus kita bahas kembali, tentunya kita harus memiliki fakta – fakta baru yang dapat membuktikan kebenaran dari penelitian yang kita lakukan.
Pembahasan ini dapat kita sebut dengan diskusi yang menerangkan tentang perbedaan dari pembahasan dari penelitian orang lain. Fakta – fakta yang kita peroleh tentunya harus menjadi sebuah bukti nyata bukan hanya sekedar pendapat semata.

5. Landasan Teori

Teori ini bisa kita gunakan dalam pengumpulan fakta – fakta yang dibutuhkan dalam penelitian. Penggunaan teori ini tentunya harus relevan dan sesuai engan bidang studi yang kita kuasai. Landasan teori ini dapat kita gunakan sebagai pengembangan dari contoh penulisan ilmiah yang kita buat, sehingga bahasan yang kita bahas dalam penulisan karya ilmiah ini menjadi terpusat pada landasan teori tersebut.

6. Hipotesis

Hipotesis disini berguna untuk kita dalam pembuatan contoh penulisan ilmiah yang kita buat sebagai sudut pandang kita dalam melakukan penelitian. Hipotesis disini berisi tentang dugaan atau prediksi dari apa yang kita fikirkan mengenai masalah yang akan kita bahas tersebut.

7. Teknik Analisis

Dalam komponen dari penulisan ilmiah ini, teknik analisis harus dijelaskan dalam cara kita menganalisis data yang ada. Teknik analisis ini dapat kita ambil sesuai dengan objek penelitian yang kita lakukan. Biasanya dalam contoh penulisan ilmiah ini, teknik analisis dapat kita ketahui dengan melihat bagaimana cara kita mengumpulkan data – data dalam karya ilmiah yang kita buat.

8. Sistematika Pelaporan

Sistem pelaporan ini dilakukan dengan cara meuliskan secar terperinci alam setiap bab – bab yang di bahas dalam penulisan ilmiah ini.

9. Daftar Pustaka

Daftar pustaka ini merupakan hal yang penting dalam pencantuman bahsan – bahasan pada setiap halaman dari penulisan karya ilmiah kita.

10. Presentasi penelitian

Presentasi ini seperti yang sudah di bahas merupakan tahapan terakhir dalam pembuatan karya ilmiah tersebut.

Contoh Sitematika Penulisan Ilmiah
Berikut ini merupakan contoh sistematika penulisan laporan ilmiah.
Abstrak
Kata Pengatar
Bab I Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
1.2 Identifikasi Masalah
1.3 Pembatasan Masalah
1.4 Tujuan dan Manfaat
1.5 Definisi Operasional
1.6 Landasan Teori
1.7 Hipotesis
1.8 Populasi dan Sampel Penelitian
1.9 Metode Penelitian
Bab 2 Isi Penelitian
2.1. Analisis Data
2.2 Solusi dan Pemecahannya
Bab 3 Kesimpulan dan Saran
3.1.Kesimpulan
3.2. Saran
Daftar Pustaka
Lampiran
Biodata Penulis
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Cari Saja - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger
Source: http://www.amronbadriza.com/2012/05/cara-membuat-navigasi-nomor-halaman-di.html#ixzz2KHC4sZ52